Iklan Atas

Sunday, October 08, 2006

Tool Pemrograman GUI Gratis

    Akhir2 ini telah mulai banyak digalakkan rasia software dikalangan perusahaan. Sementara ini sih hanya Windows Original saja yang dirasia. Kita sebagai murid / pelajar / pengguna komputer non komersial dengan enaknya menginstall komputer kita dengan berbagai macam software2 Enterprise :D, yang kalau beli sungguhan semua software baru tersebut bisa untuk membeli puluhan mobil di Amerika. Masalahnya adalah untuk orang yang mulai belajar menghargai HAKI (sebagai sesama programmer kita pasti tahu buat program susahnya gimana), banyak tersedia software2 gratis yang bisa dipakai untuk membuat program secara enak dengan menggunakan GUI. Terus kebanyakan dari kita langsung takut pada hal, yaitu memerogram menggunakan text editor atau GUI tapi di Linux atau GUI tapi tidak user frendly alias sulit digunakan.

    Itu sih jaman dulu. Jaman telah berubah :D. Hari gini masih pakai software bajakan untuk hal2 yang sepeleh, ah udah gak jaman. Bahkan beberapa tool yang akan dijelaskan ini tidak hanya untuk membuat program2 sepeleh. Inisiatif ini dimulai ketika Microsoft meluncurkan SQL Server 2005 Express Edition yang free. Untuk pemrograman yang biasa2 aja SQL Server 2005 Express Edition udah lebih dari cukup. Pada awal2 peluncurannya, Microsoft memang hanya meluncurkan engine saja. Tetapi beberapa bulan kemudian SQL Server 2005 Express Edition telah mendapatkan semua program2 managemen seperti pada SQL Server 2005 edisi yang lain. Karena populernya SQL Server 2005 Express Edition ini membuat Oracle dan IBM melakukan hal yang sama. Oracle meluncurkan Oracle 10G Express Edition, sedangkan IBM meluncurkan DB2 Express-C. Ketiga database ini telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai database handal dengan skala kecil dan gratis.

    Beralih ke bahasa pemrograman. Lagi2 Microsoft yang mempelorinya dengan meluncurkan Visual Studio 2005 Express Edition yang benar2 handal. Visual Studio 2005 Express Edition merupakan Tool yang mendukung Microsoft .NET 2.0 dan berbagai bahasa, antara lain C#, C++, Basic, J#, ASPX. Baru2 ini melihat kepopuleran Microsoft dalam meluncurkan tool pemrograman gratisnya, Borland pun mengikuti Microsoft dengan meluncurkan Turbo. Borland Turbo series ini terdiri dari 2 edisi dan beberapa bahasa pemrograman. Untuk yang gratis adalah yang Explorer Editon. Bahasa Pemograman yang didukung adalah Delphi (atau Pascal), C++, C#, ASPX. Rilis Turbo ini berbasis pada Borland Studio 2006 Update 2. Homepage Turbo Explorer tersedia disini.

Perbedaan dari Visual Studio Express Edition dan Turbo Series ini adalah kalau Visual Studio kita tinggal download dan install, tapi kalau Turbo kita tetap butuh meminta key serial pada webnya Turbo. Perbedaan lainnya adalah Visual Studio dapat diinstall semua tanpa masalah kompabilitas, sedangkan Turbo hanya dapat menginstall 1 macam aplikasi saja. Contoh kalau sudah menginstall Turbo Delphi Explorer kita tidak dapat menginstall Turbo C++. Perbedaan ketiga adalah Visual Studio mendukung pengembangan aplikasi berbasis .NET 2.0 sedangkan Turbo series hanya berbasis pada .NET 1.1.

Dengan semakin banyaknya tool pemrograman yang GRATIS :D maka kita dapat membuka perusahaan komersial tanpa takut menggunakan software bajakan, karena softwarenya memang GRATIS. Semoga bermanfaat.