Iklan Atas

Tuesday, July 04, 2006

POP3/IMAPI Email

Menindak lanjuti postingan yang sebelumnya, berikut ini akan dijelaskan mengenai apa itu POP/IMAPI dan manfaatnya dalam dunia per-Emailan ^^.
POP = Post Office Protocol merupakan sejenis protokol email yang memungkinkan kita untuk ber-email ria tanpa harus selalu connect di internet.
IMAPI mirip juga dengan POP.

Dengan menggunakan POP/IMAPI, maka kita hanya perlu connect internet untuk mengirim / mengecek email saja. Selain itu (membaca, membuat, dll) dapet dilakukan tanpa perlu tersambung di internet.

Untuk menggunakan account email2 tersebut diperlukan program yang namanya Email Client. Contohnya, Microsoft Outlook, Outlook Express, Thunderbird, dll. Sedangkan untuk accountnya sendiri, yang mendukung pop3 adalah google dengan gmailnya dan yahoo local. Untuk mendaftar gmail diperlukan undangan / invintation dari seseorang yang punya account gmail. Sedangkan untuk yahoo, pertama buka www.yahoo.com, menuju ke bagian bawah, disana ada yahoo local. Pilih negara yang disukai dan klik. Terus cari tombol email dan tekan. Kemudian daftar email baru. Penulis telah mencoba 3 yahoo local yaitu Singapore, English/UK, dan Chinnese. Yang Singapore atau Inggris bisa pop3. Yang Chineese sebenarnya bisa tapi susah settingnya dan bahasanya Mandarin.

Khusus untuk hotmail / msn bagi yang telah membuat account ini tahun 2004 kebawah dapat mengaksesnya spt pop3, tapi hanya dengan menggunakan Microsoft Outlook / Outlook Express. Sedangkan bagi yang membuat setelah 2004 tidak akan dapat menggunakannya. Untunglah semua account penulis dibuat <= tahun 2004 ^^.

Bagi yang membutuhkan undangan gmail dapat memberi comment dulu :D, nanti akan penulis kirim ke email yang diinginkan (undanganya harus dikirim ke mail).

Semoga bermanfaat.