Iklan Atas

Saturday, July 22, 2006

Kirim Data Diri dan Contact pada Yahoo! Messenger

Saya pertama kali kenal dengan Yahoo! Messenger adalah versi 6. Sejak itu (karena nganggur) saya mulai nge-add banyak contact dari temen2 kuliah. Nah kemudian keluarlah Yahoo! Messenger versi 7. Dua fitur baru yang menurutku berguna dan penting adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima:

  • My Messenger List
    Ini adalah daftar dari contact yang kita punyai
  • My Contact Detail
    Ini adalah data diri kita

Dengan adanya kemampuan mengirim dan menerima daftar contact maka kita dengan mudah dapat saling berukar contact dengan teman kita. Contoh: misal kita memiliki contact dari kelas 2B, sedang teman kita itu memiliki contact dari kelas 2C maka dengan fitur tersebut kita dan teman kita dapat dengan cepat memiliki contact dari kelas 2B dan 2C. Tidak perlu lagi menggunakan cara konfensional, yaitu dengan melihat satu persatu Yahoo! Id dan mengcopy paste kan pada IM dan menambah satu persatu juga. Bayangkan jika kelas 2B terdapat 30 anak dan kelas 2C terdapat 25 anak, maka kita harus melihat Yahoo! Id 30 (untuk kelas 2B) mencopy pastekan 30 kali dan terakhir menambahkan ke YM kita 30 kali. Artinya kita melakukan 90 kali untuk kelas 2B dan 75 kali untuk kelas 2C.

Cara untuk bertukar daftar contact adalah dengan menu Actions -- Send My Messenger List, kemudian kita akan diberi pilihan contact mana saja yang akan dikirim dan opsi untuk memperbolehkan orang melihat nama yang kita beri pada contact tersebut. Manfaat opsi Let Other Person See My Name of these Contacts adalah untuk mengetahui nama panggilan yang kita berikan pada mereka, misal Yahoo! Id aaa kita kasih nick name Gendut :)).

Sedang untuk mengirim data diri kita, sebelumnya isi selengkap-lengkap di Yahoo! Messenger Utama menu Messenger -- My Contact Details. Tenang aja waktu dikirimkan ke teman kita data-data diri dapat dipilih mana saja yang perlu dikirimkan, tidak harus semua. Kalau sudah lengkap jangan lupa di save. Cara mengirimkan data diri kita pun mirip dengan yang diatas yaitu di menu Actions -- Send My Contact Details. Pilih data diri yang ingin kita kirim dan klik Finish. Khusus untuk data diri kita bisa meminta contact kita untuk mengirimkannya ke kita dengan menu Actions -- Request Contact Details.

Bagi yang ingin tukeran data sama penulis dapat add penulis di Yahoo! Id liemfukliang :).

Catatan tambahan:
Batas contact YM 7 = 300, tapi di YM 8 dah ditingkatkan jadi 1000.

Semoga bermanfaat.