Iklan Atas

Sunday, December 10, 2006

Microsoft vs Pembajak

Seperti posting blog sebelumnya, bahwa Microsoft telah meluncurkan Windows Vista beserta Office 2007. Dalam kedua program terbaru dari Microsoft ini, kedua-duanya telah dibekali dengan perlindungan anti pembajakan (baca: pirate lockdown).

Pada Windows Vista lockdown akan terjadi jika telah lewat 30 hari dan user belum melakukan aktifasi Windows. Gejala-gejala "Reduce Functionality Mode" adalah:
- IE hanya akan bekerja 1 jam setelah itu Windows akan memaksa log off.
- Aero Interface akan dimatikan.
- Segala fitur "Premium" dan "Ultimate" akan dikunci.
- User hanya dapat mendownload update kategori kritis.
- Dengan Office Microsoft mematikan kemampuan save pada dokument yang kita buka.

Pada Office 2007 namanya "Office Genuine Advantage lockdowns". Cara memunculkannya adalah tidak mengaktifasi Office sampai dengan 25X pemanggilan applikasi Office 2007. Gejalanya:
- User tidak dapat menulis dokucment baru.
- User bisa membuka dokument lama tapi tidak dapet mengubahnya.
- User dapat mencetak dokumen tapi tidak dapat menyimpannya.

Tetapi terlepas dari itu semua, pembajak telah berhasil membajak Office 2007 dan Vista. Pada Office 2007 telah dibajak versi Enterprisenya yang tidak memerlukan aktifasi. Pada Windows Vista lebih rumit :D. Pada versi awal terdapat Vista Bill Gates, yang mengubah validasi key dengan file lama dari beta. Dengan melakukan hal itu user dapat mengaktifkan Windows Vista dengan serial dari Beta / RC. Serial tersebut sampai sekarang masih bisa diminta dari Microsoft secara Gratis.

Cara kedua adalah dengan menggunakan aktifasi pada server online. Windows Vista Enterprise minta aktifasi ulang setiap 180 hari pada server aktifasi local. Microsoft meminta syarat agar server untuk aktifasi Vista Enterprise tidak boleh online. Tapi ternyata ada yang melanggar. Dengan aktifasi melalui server tersebut Windows Vista Business dan Enterprise dapat teraktifasi selama 180 hari.

Cara ketiga adalah cara yang paling aneh dan unik. Dengan memanfaatkan bug pada Windows Vista. User diharuskan merubah bios ke 31 Desember 2099 (tanggal terjauh yang didukung oleh bios komputer) sesaat sebelum booting dari DVD Vista untuk melakukan setup. Cara detailnya tidak akan penulis beberkan disini.

Terhadap ketiga cara, Microsoft masih belum memberikan tanggapan apapun. Tanggapan Microsoft hanya terdapat Vista Bill Gates edition yang mengatakan bahwa Vista Bill Gates menggunakan kode Pre-RTM. Kita lihat saja bagaimana kelanjutannya.

Semoga bermanfaat.