Iklan Atas

Thursday, December 07, 2006

BPHP (Bukti Pemilikan Handphone)

Ini adalah salah satu cara lain untuk menghindari pencurian HP selain dengan menggunakan perlatan yang canggih. Yang perlu dilakukan adalah mencetak 1 lembar kertas BPHP (Bukti Pemilikan Handphone). BPHP format dan bentuknya mirip kartu garansi.

Guna dari BPHP adalah jika kita ingin menjual HP kita, maka kita harus menunjukkan BPHP milik kita. Dengan begitu seperti halnya jual beli kendaraan, maka kita harus memastikan bahwa surat-surat dari handphone yang kita beli lengkap dan asli.

Selain itu aparat juga seharusnya rajin merasia tempat-tempat penjualan hp second / bekas. Yang dirasia adalah BPHP. Bagi yang ketahuan melanggar dapat dikenai hukuman dan handphonenya disita.

Cara ini sangat simple / murah. Karena kita tidak perlu mengutak-atik BPHP kita sampai kita mau menjual lagi HP tersebut. Implementasi sederhana kalau males ngeprint tambahan adalah dengan menggunakan kartu garansi. Jadi kartu garansi juga sebagai BPHP. Jika HP kita dicuri orang, maka orang tersebut tidak akan mendapatkan kartu garansi apalagi BPHP. Dengan demikian mencuri HP tidak berguna!!!.

Semoga aja cara diatas dapat diimplementasikan oleh vendor-vendor handphone bekerja sama dengan aparat.

Semoga bermanfaat.