Iklan Atas

Sunday, September 02, 2007

PETUNJUK LANGKAH DEMI LANGKAH MEMBUAT INSTALLER WINDOWS VERSI TERBARU (2)

Pada bagian satu telah ditujukkan tujuan yang ingin dicapai oleh artikel ini beserta program yang dibutuhkan dan urlnya. Pada bagian ini akan dijelaskan langkah demi langkah yang disertai gambar.

Langkah-langkah pembuatan Installer Windows:

1. Copykan semua file pada CD Installer ke harddisk. Misal folder tujuan adalah c:\W2KP, copykan semua file kesana.

2. Update installer dengan Service Pack 4. Misal service pack 4 terdapat pada folder c:\SP dan namafilenya W2KSP4_EN.EXE. Jalankan command prompt. Masuk ke c:\SP. Ketik W2KSP4_EN.EXE /s:c:\W2KP. Tunggu prosesnya.

3. Update installer dengan Update 1. Misal update 1 terletak pada folder c:\SP dan namafilenya adalah Windows2000-KB891861-v2-x86-ENU.EXE. Jalankan command prompt. Masuk pada folder c:\SP. Ketik Windows2000-KB891861-v2-x86-ENU.EXE /s:c:\W2KP. Tunggu Prosesnya.

4. Install Autopatcher 2000 dari Mei sd Agustus. Misal autopatcher 2000 diiinstall pada folder c:\AP2000. Maka jalankan command prompt. Masuk ke c:\AP2000. Ketik autopatcher /slipstream:c:\W2KP. Tunggu Prosesnya. Hati-hati dengan bug yang telah disebutkan pada bagian satu.

Gambar 1. Proses Slipstream. Tunggu saja.

5. Setelah selesai dengan update installernya. Saatnya dibakar dengan menggunakan nero. Jalankan Nero (jangan yang Nero Express), pilih CD / DVD Bootable sesuai kebutuhan. Isikan image kedalam file Microsoft Corporation.img. Pada bagian emulation pilih NONE. Kemudian pada bagian paling bawah sendiri ganti 0 dengan 4. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar.

Gambar 2. Setting Boot Pada Nero


Gambar 3. Setting tab multiseason pada Nero.

Gambar 4. Setting ISO Pada Nero.


6. Masukkan semua file yang ada pada c:\W2kP pada Nero. Jangan sampai di root ada 1 folder saja, tapi pastikan ada beberapa folder termasuk i386 pada root.

7. Tambahkan file yang berguna hingga CD/DVD penuh, misal driver terbaru, program baru, service pack, dan lain-lain.

8. Burn dengan kecepatan secukupnya. Microsoft lucunya menyarankan memburn Windows Vista pada DVD dengan Speed 1x :D.

9. Test hasil burn tersebut. Untuk percobaan bisa diburn pada image drive nya nero, kemudian ditest pada VMWare.

Selesai sudah. Sebagai penutup cara ini hanya perlu dirubah sedikit untuk beda Windows dan beda nero.

Semoga bermanfaat. :)