Iklan Atas

Tuesday, August 21, 2007

Penggunaan Tag EMBED Pada Friendster

Tag embed digunakan untuk menyisipkan media agar dapat langsung dimainkan pada webpage. Media dalam hal ini dapat berupa gambar, video, atau suara. Caranya pada Friendster add Comment / Testi lalu beri tambahan:
[tanda lebih kecil]embed scr="ALAMAT MEDIA" opsi="OPSI"[tanda lebih besar]
scr = "ALAMAT" --> artinya parameter src diisi link tempat media tersebut berada.
Opsi lain yang sangat berguna adalah AUTOPLAY="FALSE"artinya media tersebut tidak dimainkan secara otomatis, sehingga menghemat bandwidth.

Gunanya kita bisa merekam video dengan handycam, digicam, atau webcam kemudian diolah dan diupload pada friendster. Format video favorit penulis adalah Windows Media Video 9 dengan setting Video bitrate 250, resolution 320 x 240, audio 44.100 Khz dengan bitrate 32 Kbps Mono. Suara menggunakan mono karena digicam penulis hanya mampu merekam mono.

Dengan setting seperti tadi file yang diupload kecil. Untuk sekitar 20 detik video memakan sekitar 750 KB. Masalah lain adalah tempat untuk upload. Penulis suka menggunakan GooglePages di http://pages.google.com/. Sebenarnya GooglePages digunakan untuk membuat homepage, tapi penulis hanya menggunakan sebagai tempat penyimpanan saja. Dengan kapasitas 100 MB dan bisa diembed (Direct link), GooglePages tentu saja merupakan tempat yang ideal.

Langkah-langkah dari awal:
1. Rekam video anda (misal ucapan selamat ultah). Tips jangan lama, secukupnya saja.
2. Olah video anda. Minimal diencode ulang ke format WMV / yang lain.
3. Upload pada GooglePages / yang lain.
4. Taruh pada Friendster.

Berikut ini adalah contoh nyata dari tag embed:
Penulisan yang dipakai:


dan hasilnya adalah:

HERMANTO


Lilyana


Semoga bermanfaat :).