Iklan Atas

Sunday, June 24, 2007

Emulator Nintendo DS


Pada jaman dahulu kala penulis suka bermain game dengan emulator Game Boy Advanced (GBA), karena kualitas gamenya sudah setara Super Nintendo. Selain itu penulis juga suka dengan emulator Playstation dan Nintendo 64. Tapi pada akhir tahun 2005, game baru untuk GBA sudah jarang muncul. Karena pada saat itu telah hadir penerus GBA, yaitu Nintendo DS (NDS). Katanya DS itu singkatan Dual Screen, karena memang layar NDS ada dua. Pada awal 2006 penulis berusaha mencari Game / Kaset / Rom untuk NDS dan emulatornya. Waktu itu penulis sudah dapat, namun sayang masih belum bisa dimainkan. Pada saat itu penulis ingin memainkan Rockman ZX.

Setelah lebih dari setahun Capcom meluncurkan Rockman ZX Advant penerus Rockman ZX. Seperti biasa diantara rilis 2 seri Rockman pasti ada 1 yang versi Inggris, yaitu Megaman ZX. Karena penulis ingin memainkannya, maka penulis mendownload game tersebut dan emulator terbaru. Emulator terbaru untuk SEMUA consol dapat didownload pada http://www.ngemu.com/. Ternyata hasilnya mengejutkan. Game Megaman ZX dapat jalan dengan sempurna. Fitur save dan load dimana saja juga bisa digunkanan :D.

Setelah mengetahui hal tersebut, penulis segera mencari semua cheat, walkthrough, dan lain-lain tentang Megaman ZX di http://www.gamefaqs.com/. Waktu itu penulis mengira semua akan berjalan normal seperti GBA. Penulis juga mendownload file save game yang berformat DST dan DCU. Anehnya, semua file save tersebut tidak dapat diload pada emulator. Saat itu penulis kira emulator file format savenya berupa SAV, jadi penulis cari program untuk merubah file save tadi ke format SAV. Setelah sukses, penulis menganti file save emulator dengan yang dari hasil convert, namun tetap tidak bisa diload.

Kalau ada pembaca yang tahu caranya mohon penulis diberitahu, nanti artikel ini akan diupdate.
Gambar 1: Gambar Emulator Nintendo DS
Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.
Posted by Picasa